Apa itu Bahasa Pemograman


Bahasa Pemograman adalah bahasa yang dapat dimengerti oleh komputer.

Bahasa pemograman mempengaruhi cara dan teknik pemograman.

Cara dan teknik pemograman :

1. Pemograman Procedural

Procedure merupakan instruksi khusus yang dieksekusi secara berurutan. Pemograman Procedural merupakan pemograman yang terdiri atas kumpulan perintah/instruksi yang akan dijalankan/dieksekusi oleh komputer secara berurutan.

2. Pemograman Functional

Pemograman Functional merupakan pemograman yang terdiri atas kumpulan perintah/instruksi yang akan dijalankan/dieksekusi oleh komputer berdasarkan fungsi-fungsi.
Fungsi yang dipakai seperti dalam fungsi yang ada dalam matematika.

3. Pemograman Terstruktur

Pemograman Terstruktur merupakan pemograman yang terdiri atas kumpulan perintah/instruksi yang akan dijalankan/dieksekusi oleh komputer berdasarkan procedural dan atau functional.

Pemilihan procedural atau functional berdasarkan pemilahan masalah yang sebelumnya besar menjadi kumpulan masalah-masalah kecil yang kemudian dibuat/disusun dalam bentuk procedural atau functional tergantung dari kebutuhannya..

4. Pemograman Berbasis Modul

Pemograman berbasis modul merupakan pemograman yang didasarkan atas kumpulan program procedural dan atau program functional yang akan dijalankan/dieksekusi oleh komputer berdasarkan modul.

Hasil pemograman procedural atau pemograman functional yang berskala kecil dalam istilah Pemograman Berbasis Modul disebut/diistilahkan sebagai modul.

5. Pemograman Berorientasi Objek

Pemograman berorientasi objek merupakan pemograman yang terdiri atas kumpulan perintah/instruksi yang akan dijalankan/dieksekusi oleh komputer berdasarkan kejadian-kejadian yang berkenaan dengan sebuah/beberapa objek.

Pemograman ini sudah berbasis graphical seperti windows atau beberapa jenis linux.
Sebagai contoh:
Mouse dapat dikatakan sebuah objek. Jika mouse digerakan maka akan memunculkan kejadian-kejadian lain seperti perpindahan area atau fokus layar, atas kejadian ini maka dibuatkan suatu kumpulan perintah/instruksi apa yang harus dilaksanakan oleh komputer jika mouse bergerak.
6. Pemograman Generic

Pemograman generic merupakan pemograman yang terdiri atas kumpulan perintah/instruksi yang akan dijalankan oleh komputer bersama-sama pemograman berorientasi objek atau pemograman functional.

Pemograman generic merupakan pemograman berskala kecil guna mendukung atau berkolaborasi dengan pemograman berorientasi objek atau pemograman functional.

7. Pemgoraman Declarative

Pemograman Declarative merupakan pemograman yang terdiri atas kumpulan perintah/instruksi yang akan dijalankan oleh komputer berdasarkan pernyataan (declarative) yang berhubungan dengan logika.

Referensi :
– Binanto, Iwan. 2005. Konsep Bahasa Pemograman. Penerbit ANDI. Yogyakarta

About these ads
Comments
One Response to “Apa itu Bahasa Pemograman”
  1. ervin S.pd C,S.kom says:

    okkkkkk

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Follow

Get every new post delivered to your Inbox.

%d bloggers like this: