Legenda Danau Toba


Ini adalah kisah tentang terjadinya Danau Toba. Orang tak akan menyangka, ada kisah sedih dibalik danau yang elok rupawan itu.

Tersebutlah seorang pemuda yatim piatu yang miskin. Ia tinggal seorang diri di bagian Utara Pulau Sumatra yang sangat kering. Ia hidup dengan bertani dan memancing ikan.

Suatu hari, ia memancing dan mendapatkan ikan tangkapan yang aneh. Ikan itu besar dan sangat indah. Warnanya keemasan. Ia lalu melepas pancingnya dan memegangi ikan itu. Tetapi saat tersentuh tangannya, ikan itu berubah menjadi seorang putri yang cantik! Ternyata ia adalah ikan yang sedang dikutuk para dewa karena telah melanggar suatu larangan. Telah disuratkan, jika ia tersentuh tangan, ia akan berubah bentuk menjadi seperti makhluk apa yang menyentuhnya. Karena ia disentuh manusia, maka ia juga berubah menjadi manusia.

Pemuda itu lalu meminang putri ikan itu. Putri ikan itu menganggukan kepalanya tanda bersedia.

“Namun aku punya satu permintaan, kakanda.” katanya.

“Aku bersedia menjadi istri kakanda, asalkan kakanda mau menjaga rahasiaku bahwa aku berasal dari seekor ikan.”

“Baiklah, Adinda. Aku akan menjaga rahasia itu.” kata pemuda itu.

Akhirnya mereka menikah dan dikaruniai seorang bayi laki-laki yang lucu. Namun ketika beranjak besar, si Anak ini selalu merasa lapar. Walapun sudah banyak makan-makanan yang masuk kemulutnya, ia tak pernah merasa kenyang.

Suatu hari, karena begitu laparnya, ia makan semua makanan yang ada di meja, termasuk jatah makan kedua orang tuanya. Sepulang dari ladang, bapaknya yang lapar mendapati meja yang kosong tak ada makanan, marahlah hatinya. Karena lapar dan tak bisa menguasai diri, keluarlah kata-katanya yang kasar.

“Dasar anak keturunan ikan!”

Ia tak menyadari, dengan ucapannya itu, berarti ia sudah membuka rahasia istrinya.

Seketika itu juga, istri dan anaknya hilang dengan gaib. Ia jadi sedih dan sangat menyesal atas perbuatannya. Namun nasi sudah menjadi bubur. Ia tak pernah bisa bertemu kembali dengan istri dan maupun anaknya yang disayanginya itu.

Di tanah bekas pijakan istri dan anaknya itu, tiba-tiba ada mata air menyembur. Airnya makin lama makin besar. Lama-lama menjadi danau. Danau inilah yang kemudian kita kenal sampai sekarang sebagai Danau Toba.
Sumber Referensi :
Dea Rosa, 2007, Seri Mengenal Indonesia – Cerita Rakyat 33 Provinsi dari Aceh sampai Papua, Indonesiatera

About these ads
Comments
37 Responses to “Legenda Danau Toba”
  1. erik says:

    gw juga orang sana tapi gw antara percaya dan tidak tetapi lama-kelamaan gw percaya juga Thanks?

  2. minto hardjono says:

    semoga dengan berbagi cerita seperti Legenda Danau Toba menambah khasanah cerita rakyat kita, terima kasih banyak

  3. ghezvani ganteng says:

    danau toba menurut saya sangat indah. this so good i kike it……

  4. fatwa fadillah says:

    legenda danau toba memang sangat menarik untuk diceritakan. karena toh tidak hanya danau tobanya saja, selain dari itu juga masih banyak cerita legenda menarika lainnya yang ada di tanah batak.

  5. torasham says:

    lah, trus..?
    saya pernah dengar kalau nama toba berarti kikir sedangkan samosir berasal dari nama seorang anak sam..
    apa ini bener..?
    Trims.

  6. Jhonson.P says:

    sy suka sekali mendengar cerita-cerita mengenai tanah batak, apalagi cerita dongeng asal mula jadinya Danau Toba. Cuman sy agak sedih dikarenakan, sekarang banyak tempat2 pariwisata ditanah batak kurang dijaga dan dilestarikan.
    Mohon kiranya perantau2(halak batak) yg sudah sukses diluar sana dapat melihat dan membangunnya biar lebih baik lg agar dapat menjadi tempat pariwisata yg terkenal di dunia

  7. edi says:

    q rang batak da lama g’k kesitu.

    gua percaya dengan legenda itu.

    god bles you

    erore_78@yahoo.com

  8. dewi anggita says:

    seharusnya diberi/dibubuhi gambar rekayasa agar lebih menarik !

  9. Aji says:

    aku ketika pertama kali membaca ini kok menjadi merinding yah. heran jadi nya, knp ada putri yg dikutuk

  10. zulfan says:

    sy mmng mnat dgn kisah ini……………..
    sdap jgak ek kisah ni………….

  11. limpo50 says:

    Entah kapan bisa kesana…
    Salam

  12. Albert says:

    Moga” s’mua ank Indo bs lbh tw ttg crt Rkyt.

  13. tinon says:

    It’s good and interesting’It tells us to keep our promise.

  14. elisa says:

    HMMM
    lain2 y cerita y
    tp yang paling utam inti y itu sam aj semua
    yaitu melanggar janji maka y yang punya janji janagan suka lupa y….

  15. fernando says:

    ceritanay uda biasa,,,ko boleh yang lbh seru dan bisa membuat air mata kita keluar

  16. Anwar Ashari says:

    Really. It’s a good legend.
    By writer of Hajji Book:
    40 Hari Di Tanah Suci
    Thank you

  17. Desy says:

    Cerita ney aku dah tw,pengen thu crita dnau toba zman dlu bisa menyebabkan 1\4 mNuSia dbumi meningGal.

  18. pammy says:

    g sering ksana,emang indah bgt scara gw org batax jadi gw sangat” bangga dengan Danau Toba…so i miss it

  19. Aku belum pernah lihat danau toba langsung..
    Tapi setelah denger cerita’y jadi ingin lihat..

  20. horassssssssss ak sgt snag mlihat bdya2 indonesia ya sgt unik mkasi buat tihan yg dh buat Danau toba yg bgitu indh mdh2han kta bsa mnjgnya AMEN

  21. bella chikita says:

    bingung ni,si putri ikan kok bisa hilang sekejab yah ? terus kok muncul airnya ?

  22. novi says:

    menurut saya ceritanya bagus karna aku jg dari sumatra utara

  23. fauziah rizki amalia says:

    maaf…
    coq isi ceritanya beda banget ya sama bku cerita danau toba yang pernah saya baca??

  24. hendra says:

    itu kira- kira benar ga ya…….

  25. Reno says:

    Yang bener mana sih, menurut catatan sejarah terbentuknya danau toba tu karna meletusnya gunung toba yang maha dahsyat pada tahun 1800 an., efek letusannya mempengaruhi iklim hampir seperempat bumi dan menutupi sinar matahari selama beberapa bulan…

  26. dhandie says:

    Ko’…..cerita nya nggak lengkap sih mas..!!!!bukan nya dia itu merasa lapar dan tidak pernah sekali merasa kenya lalu ia….di suruh ayah nya membeli nasi dan ia makan sendiri mas nich gimana sich nggak tau cerita dongeng ya………

  27. yunni says:

    kok percakapannya cuma sedikit??. ‘hmm padahal aku ada tugas di suruh drama yg tema’nya danau tobba :(

  28. daniel says:

    samosir island is very beautiful

  29. wery says:

    hmm menurut saya cerita danau toba itu sangat bagus dan menarik gimana menurut kamu.

  30. anjay Bagus baanget cuuuuuuuyyyyyyy

  31. jasni says:

    dari luwu;uuuuuuuuuuuuuuuuuuuuuuuuuuuuuuuuuuuuuuuuuuuuuuuuuuuuuuuuuuuuuuuuuuuuuuuuu llove you forever

  32. Mungkin ini cerita dogeng aja. Yg pasti dari ilmu pengetahuan itu tidak logika, kalau menurut hemat saya, terjadinya danau toba dikarenakan letusan gunung brapi, itu mungkin terjadi masa Dinasaurus 73.000 rb tahn yg silam.

Trackbacks
Check out what others are saying...
  1. [...] The busiest day of the year was September 28th with 112 views. The most popular post that day was Legenda Danau Toba. [...]



Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Follow

Get every new post delivered to your Inbox.

%d bloggers like this: