Mak yong dan Tari Jogi


Pelaksanaan sosialiasi persiapan pemilu 2009 dilakukan sabtu tanggal 20 Desember 2008 di Pulau Panjang dekat jembatan 1 barelang . Agar masyarakat yang ikut serta banyak, sebelum sosialisai dibuat acara pertujukan hiburan rakyat. Acara dimulai dengan pertunjukan tari jogi yang dilanjutkan dengan pertunjukan mak yong.

Tari Jogi merupakan tari khas batam, informasi yang diterima dari pimpinan kelompok kesenian Pulau Panjang Pak Dolano, tari jogi ini ditetapkan sebagai tari daerah khas batam saat walikota Batam yang pertama yaitu Bapak Usman Draman. Tari jogi yang dipertunjukan pada saat sosialiasi merupakan pertunjukan yang kedua kali dilakukan oleh kelompok ini. Pertunjukan yang pertama pada saat Batam Expo. Batam Expo merupakan kegiatan pameran yang menampilkan hasil-hasil kerajinan rakyat yang selalu rutin setiap tahun dilakukan di Kota Batam.

Setelah pertunjukan tari jogi dilanjutkan dengan pertunjukan Mak Yong. Mak yong adalah teater rakyat melayu, jumlah pemain mak yong sekitar 30 orang dengan durasi pertunjukan sekitar 30 menit sampai 1 jam. Pemain mak yong dapat dilakonkan dari semua usia dan kalangan.

Melihat pertunjukan mak yong yang cukup menghibur tetapi dalam dialog-dialog yang dilakukan dapat menyampaikan pesan-pesan yang bagus, sangat cocok untuk sebuah kegiatan sosialiasi.

Pulau Panjang, 20 Desember 2008

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: