Ancaman Sistem Komputer


Dengan mengetahui hal-hal yang membahayakan atau mengancam, maka anda dapat mencegah atau mengetahui jika hal itu terjadi. Ancaman tidak hanya datang dari luar tetapi juga dapat dan dimungkinkan dari dalam.

Beberapa jenis ancaman yang dapat terjadi dalam sebuah sistem komputer adalah :

1. Interruption

Suatu ancaman yang dapat mengapus, merusak atau memindahkan data atau informasi yang anda miliki. Jenis ancaman ini berkenaan dengan availibilty (Informasi yang ada dapat anda lihat, ambil atau selalu tersedia saat dibutuhkan), authority (Informasi yang ada tidak dapat diubah oleh orang lain), Privacy (Informasi yang bersifat pribadi hanya anda yang memiliki), Confidentiality (Informasi yang ada hanya anda yang mengetahui).

2. Interception

Suatu ancaman yang dapat menyadap, mengintip atau mengetahui data atau informasi yang anda miliki. Jenis ancaman ini berkenaan dengan Privacy (Informasi yang bersifat pribadi hanya anda yang memiliki), Access Control (Informasi yang ada dapat diberikan kepada orang lain yang anda inginkan), Confidentiality (Informasi yang ada hanya anda yang mengetahui).

3. Modifikasi

Suatu ancaman yang dapat memodifikasi data atau informasi yang anda miliki. Jenis ancaman ini berkenaan dengan Privacy (Informasi yang bersifat pribadi hanya anda yang memiliki), Integrity (Informasi yang anda terima tidak berubah atau sama dengan yang dikirimkan), Authority (Informasi yang ada tidak dapat diubah oleh orang lain), Confidentiality (Informasi yang ada hanya anda yang mengetahui).

4. Fabrication

Suatu ancaman yang dapat menduplikasi atau memalsukan data atau informasi yang anda terima. Jenis ancaman ini berkenaan dengan Integrity (Informasi yang anda terima tidak berubah atau sama dengan yang dikirimkan), Authentication (Informasi yang anda terima berasal dari orang yang diinginkan), Authority (Informasi yang ada tidak dapat diubah oleh orang lain), Access Control (Informasi yang ada dapat diberikan kepada orang lain yang anda inginkan), Confidentiality (Informasi yang ada hanya anda yang mengetahui), Nonrepudiation (Informasi yang anda terima dapat dipastikan siapa pengirimnya).

Indra Sufian, Kepulauan Riau, 12 Februari 2009

Comments
3 Responses to “Ancaman Sistem Komputer”
  1. Dhani Wisnu says:

    salam kenal,sekedar singgah pelepas lelah setelah lama berkelana di dunia maya…..terus berkarya dan tuangkan ide serta gagasan-gagasan yang ideal…saya tunggu kunjungan baliknya di blog puisi saya…terima kasih.

  2. eshabe says:

    kapan ngeblog lagi pak?😀

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: